Tuesday, September 30, 2008

Surga dan Neraka

Seorang pemuda sedang mendalami kerohanian dan spiritualitasnya. Namun ia menemui satu topik yang membuatnya kewalahan. Topik yang dimaksud adalah mengenai Surga dan Neraka. Pemuda ini selalu menanyakan pertanyaan 'seperti apakah rasanya surga? seperti apakah rasanya neraka?'. Setiap guru rohani dan spiritual yang ditanyai pertanyaan ini selalu memberi jawaban dengan kata2 yang puitis, panjang-lebar, dan membingungkan. Karena itu pemuda ini tidak merasa puas, dan terus mencari2 ahli spiritual yang mampu menjawab pertanyaannya tsb.

Pencariannya membawanya kepada seorang tua yang bijaksana. Orang tua ini bukanlah Kyai, Pendeta, Biksu, dsb. Dia hanya orang biasa yang bersahaja dan disegani banyak orang.
Tanpa membuang waktu, pemuda ini bertanya pada orang tua ini, 'seperti apa rasanya surga? seperti apa rasanya neraka?'. Orang tua ini menyuruhnya menengok ke belakang. Pada saat pemuda ini menengok ke belakang, tiba2 si orang tua memukul belakang kepalanya dengan keras. Pemuda ini kontan berang karena perlakuan yang diterimanya tersebut. Darahnya langsung naik ke kepala. Dengan muka merah karena amarah, pemuda ini bertanya dengan keras, 'apa maksud bapak memukul saya? Saya kan tidak berbuat salah? Saya cuma bertanya dengan baik-baik. Kalau bapak tidak mau beritahu ya sudah, tidak perlu memukul saya dengan cara licik seperti itu....'
Orang tua itu berkata dengan tenang 'sekarang kau tahu rasanya neraka....'
Pemuda ini segera memutar otaknya. Rupanya ia sedang diberi pelajaran oleh orang tua tersebut. Jadi peristiwa tersebut adalah bagian dari pelajarannya. Ditambah lagi pelajaran yang diberikan orang tua tersebut 'mengena' baginya.
Amarahnya langsung surut, disambut dengan kegembiraan, karena pertanyaannya terjawab. Sekaligus ia merasa bersalah karena telah berkata-kata kasar pada orang tua tersebut. Maka ia segera menyalami orang tua tersebut dengan penuh hormat, sambil mengucapkan teriima kasih dan tak lupa meminta maaf.
Orang tua itu tersenyum dan berkata 'sekarang kau tahu rasanya surga.....'

No comments: